Selasa, 29 Mei 2012

Muslikh: Idealnya Birokrat-Politisi

Pasangan Kepala Daerah

Muslikh Abdussyukur
SUKABUMI – Walikota Sukabumi Muslikh Abdussyukur mempunyai penilaian tersendiri mengenai Pemilukada Kota Sukabumi 2013 mendatang. Ia menilai sejumlah figur yang mencuat saat ini memiliki kekuatan dari sisi popularitas dan kapasitas yang nyaris berimbang.
Apalagi dari sisi latar belakang, Muslikh melihat adanya kecenderungan perimbangan dari kalangan politisi dan birokrat. Kondisi ini, kata Walikota Sukabumi dua periode terakhir itu akan membuat pertarungan di pemilukada akan berjalan ketat. “Kalau melihat konstalasi politik sekarang, sepertinya akan berjalan ketat,” katanya.
 Muslikh bahkan berani menyebut setidaknya akan ada empat pasangan calon walikota yang akan bertarung di pemilukada nanti. Namun, Muslikh tidak mau menyebut siapa-siapa figur yang ada dalam prediksinya itu. “Tapi saya kira kualitas empat pasangan itu nantinya akan berimbang,” katanya.
 Lebih jauh ditanya soal pasangan ideal memimpin Kota Sukabumi. Muslikh yang punya pengalaman memimpin Kota Sukabumi satu periode bersama politisi (Iwan Kustiawan) dan satu periode dengan birokrat (Mulyono), memiliki komposisi ideal.
Menurutnya, idealnya pasangan Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi adalah dari kalangan birokrat dan politisi
“Waktu bersama Pak Iwan (Wakil Walikota Sukabumi 2003-2008) saya merasa enjoy. Tapi saat ini juga (Mulyono) bagus,” jelasnya.   Makanya, berdasarkan pengalaman bersama dua pemimpin berbeda latar belakang di dua periode berbeda itu, Muslikh yang berlatar belakang birokrat menganggap pasangan birokrat dan politisi lebih ideal.
“Kalau saya melihat yang ideal itu birokrat berpasangan politisi,” imbuh Muslikh.
 Meski Muslikh melihat adanya perimbangan kekuatan figur-figur yang akan maju di pesta demokrasi nanti, namun Ia berharap pemilukada ini berlangsung cukup satu putaran. Hal ini tidak lain disebabkan Muslikh berharap adanya penghematan biaya. “Kalau dua putaran kan biaya bertambah. Mudah-mudahan bisa satu putaran,” harapnya.(fkr)
Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=12744

Tidak ada komentar:

Posting Komentar